Avast! sebenarnya sudah lama melepaskan versi Home Edition ini kepada publik (untuk kebutuhan non-komersil) secara gratis. Akan tetapi, antivirus ini baru terpopuler belakangan ini karena produknya yang berubah menjadi antimalware yaitu: sekaligus sebagai anti-spyware serta anti-rootkit. Ini merupakan sebuah kombinasi yang langka pada produk freeware. Antivirus inni punya sederetan kempuan yang sama dengan AVG seperti: yang telah disebutkan di atas, yang tampaknnya sudah menjadi standar. Kemampuan anti-spyware dan anti-rootkit menjadikannya sebagai antimalware yang handal.

Beberapa feature unggulanya: “strong self protection” yaitu teknik canggih yang membuat Avast! dalam kondisi apapun sulit di nonaktifkan oleh virus, (bahkan untuk yang tidak dikenal sekalipun). Kemampuan mengecek file yang berada didalam format terkompresi seperti: ZIP, RAR, CAB, JAR dan sebagainya, serta beberapa format kompresi populer lainya, bahkan bisa men-scan Outlook MAPI format file (*.pst), dimana kemampuan seperti ini biasanya cuma ada pada program antivirus berbayar. Feature lainnya, memberikan proteksi pada aplikasi Instant Messaging serta P2P (Peer toPeer) program. Lalu “Network Shield” untuk mendeteksi trafik network jika ada konten berbahaya, ditambah “Web Shield” yang berfungsi sama, tetapi untuk unntuk memonitori trafik web, serta beragam feature tingkat lanjut lain yang biasanya cuma ada di program antivirus berbayar.

Antar mukanya didesain simpel meskipun munngkin terlihat agak ganjil sebagai antivirus, serta memiliki scan engine yang sangat cepat. Dukungan terhadap Windows 95 yang terasa ganjil menjadi nilai tambahan dari program antivirus ini. Instalasi ini programnya berbentuk Trial, tetapi berfungsi penuh dan hanya bisa aktif 60 hari sehingga Anda harus memperoleh 1 tahun lisensi gratis, yang harus diperpanjang lagi setiap tahunya. Lisensi pemakaian ini diperlukan supaya bisa mengunduhkan update dari virus database-nya yang dilakukan secara Incremental.

Nama               : Avast Free Antivirus
Versi                : 5.0.545
File Instalasi      : 48.09 MB
Operasi Sistem : Windows 95/98/NT/ME/2000/XP/VISTA/Windows7
Homepage        : Home Avast

Download Instalasi : Avast Free Antivirus 5.0.545

Download Update : No